Jakarta, 21 Agustus 2012
Telkomsel telah sukses mengantisipasi lonjakan
trafik komunikasi pelanggannya pada hari puncak libur Lebaran, Minggu, 19
Agustus 2012.
Dari
pemantauan, terjadi kenaikan trafik layanan data atau broadband hingga lebih
dari 55 persen atau mencapai 157 terabyte dan layanan BlackBerry melonjak
signifikan hingga 226 persen dibanding Idul Fitri tahun lalu atau mencapai
lebih dari 7,5 Gbps. Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih
dari 169 persen dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS,
sementara layanan SMS dan voice juga meningkat mencapai lebih dari 1,12 milyar
SMS terkirim (kenaikan sebesar 25 pesen dibanding hari normal) dan 1,28 milyar
menit suara terhubung (kenaikan 24 persen dibanding Lebaran sebelumnya).
Kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan
performansi yang sangat baik.
POH
Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra mengatakan,
"Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi
atau hari H Idul Fitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan."
Sementara
itu hingga H+1 Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel
khususnya trafik layanan voice atau suara terjadi di wilayah Sumatera Barat
(Padang, Pariaman, Bukit Tinggi) dengan lonjakan trafik hingga 72 persen dari
hari normal. Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan
lonjakan trafik hingga lebih dari 154 persen dari hari normal. Sedangkan
wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data
tertinggi hingga 152 persen khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya
meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen, hingga Cilacap.
Tingkat
kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangatmemuaskan dengan
kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82 persen,
kesuksesan panggilan suara (Call Success Rate) 97,62 persen, kesuksesan
penyelesaian panggilan suara (Call Completion Rate) 98,57 persen, kesuksesan
layanan data (Data Success Rate) 99,88 persen, serta kesuksesan layanan Isi
Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) mencapai 99,76 persen.
"Baik
hari biasa maupun musim mudik Lebaran, Telkomsel selama 24 jam penuh melakukan
pemantauan trafik dan antisipasi ketat kinerja perangkat serta menyiapkan
secara seksama penambahan kapasitas jaringan di seluruh wilayah
Indonesia," ujar Ricardo Indra.
Telkomsel
juga memastikan bahwa infrastruktur di seluruh Indonesia terjaga dengan baik dan
berada dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik
hingga arus balik Lebaran. Telkomsel telah melakukan pemeliharaan kinerja
perangkat secara ketat dan pemantauan trafik dari bagian barat hingga wilayah
timur Indonesia melalui Supervisory and Monitoring Network Perfomance
(SUPERMAN), serta mengerahkan 10 unit Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT)
Telkomsel untuk menambah kemampuan penanganan trafik komunikasi.
0 comments:
Post a Comment