Jakarta - Tiga operator terbesar Tanah Air
(Telkomsel, XL dan Indosat) berkolaborasi
meluncurkan inovasi
teranyar di era digital berupa Layanan E-money
Interoperability (P2P Transfer) atau Layanan Pengiriman Uang Elektronik
Lintas Operator. Layanan ini diluncurkan oleh Direktur Utama tiga operator,
yaitu Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga, Direktur Utama XL Hasnul Suhaimi
dan Direktur Utama Indosat Alexander Rusli, serta disaksikan oleh Gubernur Bank
Indonesia Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul
Sembiring, dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro
Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan
memperluas jaringan layanan uang
elektronik di
Indonesia dengan meningkatkan percepatan layanan uang elektronik, menambah jalur
distribusi, meningkatkan trafik SMS secara eksponensial, serta meningkatkan
efisiensi dan efektivitas ketiga operator dalam mengembangkan layanan
pengiriman uang elektronik. Di samping, itu kolaborasi ini juga merupakan salah
satu bentuk dukungan kepada Bank Indonesia dalam rangka mengembangkan program less
cash society.
Dengan adanya
layanan pengiriman uang elektronik lintas operator, maka seluruh pelanggan tiga
operator yang berjumlah sekitar 230 juta pelanggan, dapat melakukan transaksi
pengiriman uang. Contohnya pelanggan TCASH (Telkomsel) dapat melakukan
transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai (XL) maupun ke pelanggan Dompetku
(Indosat), begitupun sebaliknya.
Adapun manfaat
yang bisa dinikmati oleh pengguna selular dengan layanan pengiriman uang
elektronik lintas operator ini diantaranya, pelanggan dapat
dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan
melalui ponsel dan secara tidak langsung juga akan
meningkatkan “customer experience”
dan loyalitas pelanggan, terutama di era digital sekarang ini.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution
menyatakan, “Ke depan, diharapkan semakin
banyak operator selular dan bank yang mengikuti jejak untuk berinovasi sehingga
inovasi tersebut dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara luas dan tidak
saja memberi nilai tambah (value added) bagi kemajuan industri sistem
pembayaran dan perbankan, namun mendukung perekonomian dan stabilitas sistem
keuangan di Indonesia”.
Pihak operator selular menyambut baik dukungan dari Bank Indonesia yang
dianggap akan dapat mempercepat perluasan layanan Uang elektronik di Indonesia.
Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mengatakan, “Kemajuan teknologi di era digital merupakan tantangan
tersendiri bagi Telkomsel. Sehingga dengan hadirnya inovasi terbaru dari kolaborasi antara 3 operator terbesar di
Tanah Air berupa uang elektronik lintas operator, diharapkan animo dan
kepercayaan masyarakat terhadap layanan uang elektronik semakin meningkat, serta menjadikan uang
elektronik sebagai
salah satu solusi digital payment masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari. Hal ini merupakan
satu langkah strategis khususnya bagi Telkomsel dalam upaya mewujudkan visi
perusahaan sebagai penyedia layanan dan solusi digital berkelas dunia.”
Menurut Presiden
Direktur/CEO XL Hasnul Suhaimi, “Perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini
mendorong munculnya kebutuhan teknologi yang bisa memberikan kemudahan dalam
mendukung aktifitas kehidupan sehari-hari termasuk dalam melakukan transaksi
keuangan. XL memiliki komitmen yang kuat untuk turut serta menfasilitasi
kebutuhan masyarakat tersebut, melalui kemitraan bersama dengan para operator
besar lainnya, dalam menyediakan layanan pengiriman uang lintas operator ini.
Keikutsertaan XL dalam kemitraan bersama ini, juga sekaligus sebagai wujud
keseriusan XL dalam mengembangkan pemanfaatan layanan digital (digital services), sejalan dengan upaya
pemerintah untuk mendorong program less
cash society”.
Presiden
Direktur/CEO Indosat Alexander Rusli menambahkan, “Penetrasi layanan selular
dan kemajuan teknologi telekomunikasi memungkinkan terciptanya layanan digital
payment ini. Tentunya layanan ini mendukung Pemerintah dalam memperluas program
less cash society. Diharapkan
kedepannya hal ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan
karena kemudahan transaksi keuangan secara elektronik yang dapat dinikmati
masyarakat secara lebih luas“
Layanan lintas
operator ini akan dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan masing-masing
pelanggan operator dengan mengikuti berbagai ketentuan. Rincian mengenai teknis
penggunaan dijelaskan dalam lampiran lembar fakta (factsheet) sebagai bagian dari press
release ini.
======================
|
Tentang Telkomsel
(www.telkomsel.com)
Telkomsel menggelar lebih dari 54.000 BTS yang
menjangkau sekitar 97% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular
nomor 6
terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan, Telkomsel merupakan pemimpin
pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih
dari 125 juta pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan industri
telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara
konsisten mengimplementasikan roadmap
teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel mengembangkan jaringan broadband di 200 kota besar di
Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung
akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh
Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut
hubungi:
Adita
Irawati – Head of Corporate Communications Group Telkomsel
kartuHalo/email: 0811 999
1408/adita_irawati@telkomsel.co.id
|
Tentang XL
XL
adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai
beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang
luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer
Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki
jaringan serat optik yang luas. XL
telah meluncurkan XL 3G pada 21
September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang
tercepat dan terluas di Indonesia. XL
dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui
Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,549%) dan serta publik (33,451%).
Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO
(Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan),
M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).
Untuk informasi lebih lanjut
hubungi:
Turina Farouk - Vice
President Corporate Communications XL
Telp / Email
: 0817 010 8000 / TurinaF@XL.co.id
Tentang Indosat
Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan
informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan telepon selular,
telepon tetap, komunikasi data dan internet (MIDI). Di triwulan pertama tahun
2013, perusahaan memiliki 55,9 juta pelanggan selular melalui berbagai merek
antara lain, IM3, Mentari dan Matrix. Indosat mengoperasikan layanan sambungan
langsung internasional (SLI) melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016.
Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan
telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia serta jasa layanan satelit
melalui satelit PALAPA-C2 dan PALAPA-D. Indosat adalah anak perusahaan dari
Grup Ooredoo (sebelumnya lebih dikenal dengan Qtel Group). Saham Indosat
tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT).
|
Untuk informasi lebih lanjut
hubungi:
Public
Relations Division - PT Indosat Tbk
Telp
: 62-21-30442614
Fax
: 62-21-30003754
E-mail
: publicrelations@indosat.com
Fact Sheet Terkait Layanan
Uang Elektronik Telkomsel
Adapun cara pelanggan Telkomsel untuk menikmati fitur P2P Tranfer ini, diantaranya
:
1.
Melakukan
registrasi TCASH di *828#
2.
Untuk
pelanggan Telkomsel PrePaid harus melakukan upgrade
menjadi pelanggan Full Service di
GraPARI terdekat. Sedangkan
pelanggan KartuHALO otomatis menjadi pelanggan Full Service.
3.
Memiliki
saldo TCASH.
Jadi,
seluruh pelanggan Telkomsel dapat menikmati layanan P2P Transfer dengan syarat
memiliki saldo TCASH, dan semua tipe serta merk handphone dapat digunakan untuk
melakukan layanan ini. Kemudian cara pelanggan mengetahui status
layanan TCASH nya dapat dilakukan dengan cara :
Ø
Ketik : STATUS kirim ke 2828
Sedangkan syarat dan ketentuan pengiriman yaitu sebagai
berikut :
Ø
Maksimal
dan minimal pengiriman :
-
Maksimal Pengiriman per bulan : Rp
20.000.000 per bulan
- Maksimal Pengiriman per hari : Rp 1.000.000 per hari
-
Maksimal pengiriman per 1 x kirim : Rp
1.000.000 per 1 x kirim
-
Minimal pengiriman per 1 x kirim : Rp 1.000 per 1 x kirim
Ø
Khusus untuk pengiriman dari pelanggan TCASH ke
pelanggan XL Tunai dan Indosat Dompetku :
-
Minimal pengiriman per 1 x kirim : Rp 10.000 per 1 x kirim
Jika pihak penerima belum terdaftar
dalam layanan Uang elektronik(TCASH, XL Tunai, Indosat Dompetku) maka saldo
yang diterima akan diberi status SUSPEND
ACOUNT (Dana ditahan). Penerima harus melakukan registrasi terlebih dahulu
agar dapat menggunakan saldo Uang elektronikyang diterima.
Untuk pelanggan Telkomsel PrePaid (simPATI
dan Kartu As) dapat melakukan registrasi TCASH Basic Service terlebih dahulu melalui *828*1# setelah melakukan
registrasi Basic Service, pelanggan
dapat menggunakan saldo Uang elektronikyang diterima untuk melakukan pembelian
atau pembayaran namun tidak dapat melakukan pencairan (Cash-Out), ataupun
pengiriman uang (transfer).
Pelanggan kartuHALO dapat melakukan
registrasi TCASH Full Service melalui
*828*1# setelah melakukan
registrasi, pelanggan dapat menggunakan uang yang diterima untuk menikmati
seluruh layanan pelanggan Basic Service
ditambah dengan layanan pencairan uang (Cash-Out) dan Pengiriman uang
(Transfer). Pelanggan PrePaid dapat melakukan permohonan peningkatan layanan
dari Basic Service ke Full Service di GraPARI terdekat dengan
membawa kartu identitas (KTP/SIM).
Fact Sheet terkait XL
Tunai - Layanan Uang Elektronik XL
XL Tunai
adalah produk uang elektronik XL yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan XL
pra-bayar dan pasca bayar, dengan layanan-layanan sebagai berikut :
1.
Pengiriman Uang
:
·
Layanan pengiriman uang dalam negeri, bekerja sama dengan
Telkomsel T-Cash dan Indosat Dompetku
·
Layanan pengiriman uang dari luar negeri, bekerja sama dengan
Western Union dan Celcom
2.
Pembayaran
Tagihan
:
·
Layanan pembayaran tagihan listrik pra-bayar dan pasca bayar
·
Layanan pembelian tiket pesawat Garuda, Lion Air,dan tiket kereta
api
·
Layanan pembelian pulsa
3.
Pembelian di
Toko
:
·
Layanan pembayaran di toko menggunakan telepon genggam
·
Mitra : Alfamart, Glosis, 347, Cosmic, dll
4.
Pembelian
Online
:
·
Layanan pembayaran di toko online menggunakan telepon genggam
·
Mitra : Blibli.com, Disdus.com, Alfaonline, dll
Adapun cara
pelanggan XL untuk dapat menikmati layanan pengiriman uang elektronik antar XL
Tunai, Telkomsel T-Cash, dan Indosat Dompetku adalah sebagai berikut :
1.
Melakukan registrasi gratis XLTunai melalui gerai XLCenter atau
agen XL Tunai terdekat dengan membawa kartu pengenal (KTP/SIM/Kartu identitas
lainnya)
2.
Memiliki saldo XLTunai / melakukan pengisian saldo XLTunai melalui
XL Center, agen XL Tunai, mitra (Alfamart), dan ATM terdekat
3.
Melakukan langkah2 sbb :
1.
mengakses *123*120#
2.
masuk menu kirim uang
3.
pilih kirim ke operator lain.
4.
Pilih operator Telkomsel T-Cash atau Indosat Dompetku
5.
Masukkan Nomor HP yang dituju
6.
Masukkan Jumlah yang akan dikirimkan
7.
Masukkan PIN
8.
Konfirmasi dengan memasukan Random Code
4.
Tunggu konfirmasi berupa notifikasi SMS
Syarat-syarat
sebagai pengirim uang elektronik:
1.
Pengirim harus pelanggan yang memiliki akun XL
Tunai terdaftar (registered).
2.
Batas maksimum transaksi adalah sebanyak 5 kali
transaksi dalam satu hari (ke semua operator)
3.
Batas nilai transaksi
adalah minimum Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah) dan maksimum Rp. 1.000.000,-
(Satu Juta Rupiah)
4.
Pengguna tidak dapat melakukan kegiatan pengiriman bila akumulasi
transaksi P2P Antar Operator (pengiriman) telah mencapai 5 kali.
5.
Pengguna tidak dapat melakukan kegiatan pengiriman bila
akumulasi Rp 20 juta dalam 1 bulan
Syarat-syarat sebagai penerima pengiriman uang elektronik :
1.
Penerima adalah semua pelanggan XL, baik yg
memiliki akun XL Tunai atau belum memiliki.
2.
Pengiriman uang akan menambah saldo XL Tunai
penerima.
3.
Penerima wajib memiliki akun terdaftar atau melakukan
registrasi XLTunai melalui gerai atau agen terdekat untuk menikmati layanan
pencairan uang
4.
Pengguna tidak dapat menerima pengiriman melebihi
batas
maksimum saldo Rp 1 juta untuk pelanggan biasa, dan Rp 5 juta untuk pelanggan
terdaftar
Jumlah
Merchant Fisik ( PoS) :
8000+
Jumlah Merchant
Online : 20
Jumlah
Pelanggan XL Tunai :
330.000+
Jumlah Agen
Cash In & Cash Out : 14.000+
Fact Sheet terkait Layanan Uang Elektronik INDOSAT
Kini transaksi keuangan melalui dompetku semakin lengkap
dengan hadirnya P2P transfer lintas operator lain yaitu TCASH (Telkomsel) dan
XL Tunai (XL). Untuk menikmati layanan P2P Transfer ini, pelanggan dompetku
WAJIB :
·
Melakukan registrasi
dompetku :
- Jika Anda menjadi pengirim
saldo transfer P2P, Anda melakukan registrasi melalui GALERI INDOSAT
- Jika Anda menjadi penerima saldo transfer P2P, Anda dapat melakukan
registrasi melalui *789#
·
Untuk
pelanggan INDOSAT yang sebelumnya sudah pernah ter-registrasi menjadi pelanggan
dompetku melalui SMS atau UMB *789# harus melakukan upgrade menjadi pelanggan Full
Service dan melakukan KYC dengan membawa identitas diri di GALERI INDOSAT
terdekat.
·
Memiliki
saldo dompetku
Pada dasarnya, seluruh pelanggan INDOSAT dapat menikmati layanan P2P Transfer dengan syarat
memiliki saldo dompetku, dan semua tipe serta merk
handphone dapat digunakan untuk melakukan layanan ini.
Batas saldo pengiriman
khusus untuk pengiriman dari pelanggan dompetku ke pelanggan TCASH, XL Tunai :
-
Minimal pengiriman
per 1 x kirim : Rp
10.000 per 1 x kirim
-
Maksimal pengiriman
per 1x kirim : Rp 5.000.000 per 1x
kirim
Mekanisme transfer saldo P2P transfer
dari pelanggan dompetku ke pelanggan TCASH ataupun XL Tunai sebagai berikut :
·
Ketik
SMS : P2P<spasi>Nomor Tujuan Operator lain<spasi>Nominal, kirim ke
789
Contoh :
P2P 0813456789
100000
·
Pengirim akan mendapatkan SMS konfirmasi dari 789 perihal pengiriman
saldo P2P
·
Penerima dalam hal ini TCASH, juga akan mendapatkan notifikasi SMS sesuai
bunyi SMS dari masing-masing operator tersebut
Untuk pelanggan INDOSAT yang telah
melakukan registrasi dompetku melalui SMS ataupun *789#, dapat melakukan
transaksi dompetku lainnya seperti Isi ulang pulsa seluruh operator, bayar
tagihan PLN dan beli token PLN Prepaid, bayar tagihan
telkom/speedy/telkomvision, , transfer saldo antar pengguna dompetku, belanja
online melalui i-surf dan Toko On, dan yang terkini dapat menerima saldo transfer P2P dari operator lain tetapi tidak dapat melakukan pengiriman saldo
transfer P2P ke operator lain sebelum melakukan registrasi KYC melalui Galeri
INDOSAT dan tidak dapat melakukan pencairan uang (cash out).
Pelanggan INDOSAT yang telah
ter-registrasi dompetku melalui SMS taupun *789# ini, dapat melakukan transaksi
dompetku secara keseluruhan dengan meng upgrade
menjadi layanan dompetku full service
ke GALERI INDOSAT dengan membawa Identitas diri.
Sedangkan untuk pelanggan INDOSAT
yang telah melakukan registrasi dompetku melalui GALERI INDOSAT, secara
otomatis dapat menikmati layanan dompetku full
service ditambah layanan pengiriman uang (remittance).
0 comments:
Post a Comment