Trafik SMS Telkomsel Naik Dua Kali Lipat di Malam Tahun Baru



Jakarta, 4 Januari 2011
Trafik SMS (short message service) Telkomsel di Tahun Baru 2011 mengalami kenaikan, yakni mencapai 1.800 juta SMS atau melonjak 136 persen dari jumlah SMS hari biasa sekitar 763 juta SMS per hari. Angka 1.800 juta SMS ini juga meningkat 89 persen dibandingkan trafik SMS pada awal tahun baru 2010. Kondisi tersebut mencerminkan performansi layanan komunikasi Telkomsel dalam kondisi yang sangat optimal di malam pergantian tahun.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengungkapkan, “Upaya kami dalam menghadirkan layanan berkualitas melalui penggelaran jaringan dalam rangka menghadapi periode pergantian tahun baru telah direspon positif dan dimanfaatkan oleh pelanggan secara optimal. Berkat semua persiapan yang kami lakukan untuk meningkatkan kapasitas jaringan dalam skala besar, tahun ini lalu lintas SMS di periode Tahun Baru cukup padat namun pelanggan tetap dapat mengirim SMS ucapan ‘Selamat Tahun Baru’ dengan nyaman dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS yang baik.”

Telkomsel sudah mengantisipasi kenaikan pengiriman SMS tersebut dengan peningkatan kapasitas SMS Center dari 60.000 SMS/detik tahun lalu menjadi sanggup memproses 80.000 SMS/detik. Secara berturut-turut, trafik SMS paling tinggi terjadi pada tanggal 31 Desember 2010 (950 juta SMS), lalu tanggal 1 Januari 2011 (848 juta SMS).

Sementara itu, penggunaan layanan komunikasi untuk menelpon meningkat menjadi 310 juta panggilan pada puncak pergantian tahun, di mana trafik yang sukses dilayani 1.080 juta menit atau melonjak 13 persen dibanding trafik suara di hari normal. Sedangkan untuk layanan MMS terjadi kenaikan trafik sebesar 75 persen menjadi 1.100 ribu MMS dari trafik MMS sehari-hari 630 ribu MMS. Sementara untuk layanan data, terjadi penurunan trafik sebesar 11 persen menjadi 56 Tera Bytes dari trafik data sehari-hari 63 Tera Bytes per hari.

Jika dibandingkan dengan awal tahun 2010, trafik layanan suara di awal tahun ini naik sekitar 29 persen, yang diikuti dengan peningkatan trafik untuk layanan data sebesar 100 persen. Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku komunikasi pelanggan yang lebih suka memanfaatkan layanan data melalui instant messaging (chatting) untuk menyampaikan ucapan “Selamat Tahun Baru”.

Sarwoto menambahkan, secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi pelanggan menjelang momen pergantian tahun. Hal ini dikarenakan Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan terjadinya lonjakan trafik komunikasi yang signifikan, yang biasanya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru.

Berikut data trafik dan performansi layanan komunikasi Telkomsel pada tahun baru 2011:

Trafik Layanan Komunikasi Telkomsel pada Tahun Baru 2011

Layanan Komunikasi
Tahun Baru 2010
Hari Normal 2010
Tahun Baru 2011
Perbandingan Tahun Baru 2011 dengan Tahun Baru 2010
Perbandingan Tahun Baru 2011 dengan Hari Normal 2010
Suara
840 juta menit
953 juta menit
1.080 juta menit
29%
13%
SMS
950 juta SMS
763 juta SMS
1.800 juta SMS
89%
136%
Data
28 Tera Bytes
63 Tera Bytes
56 Tera Bytes
100%
-11%
MMS
490 ribu MMS
630 ribu MMS
1.100 ribu MMS
124%
75%
* Data trafik 31 Desember 2010 – 1 Januari 2011


Performansi Layanan Komunikasi Telkomsel pada Tahun Baru 2011

Layanan Komunikasi
Performansi
Suara
95.34%
SMS
99.73%
Data
99.93%
MMS
96.47%
* Data performansi 31 Desember 2010 hingga pukul 24.00

 ==========

0 comments:

Post a Comment