Joint Research Partnership Telkomsel dengan Universitas Indonesia

Head of Technology & System Group Telkomsel Ivan C Permana (kiri) menandatangani Joint Research Partnership dengan Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri Universitas Indonesia Sunardji, SE, MM. Kerjasama meliputi riset dan pengabdian masyarakat di bidang ICT (Teknologi, Informasi dan Telekomunikasi) guna menghasilkan inovasi dan kemandirian teknologi Indonesia.


Jakarta, 15 Maret 2013


Telkomsel konsisten menerapkan Strategic New Technology Solution, dengan menggandeng Universitas Indonesia untuk melakukan riset bersama. Penandatanganan perjanjian joint research partnership ini dilakukan hari ini, oleh Head of Technology & System Group Telkomsel Ivan C Permana dan Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri Sunardji, SE, MM.

Kolaborasi ini bertujuan agar kedua belah pihak dapat saling mendukung dalam melakukan riset mengenai pengabdian masyarakat di bidang ICT (Teknologi, Informasi dan Telekomunikasi) dan energi, guna menghasilkan inovasi dan kemandirian teknologi berbasis demand driven, sehingga menghasilkan  produk, prototype, atau Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terdaftar dalam rangka meningkatkan daya saing usaha.

Ruang lingkup kerjasama antara Telkomsel dan Universitas Indonesia diantaranya, melakukan kajian dan riset pemanfaatan renewable energi yang cocok dengan potensi daerah lokasi BTS, energi storage yang handal, serta kajian riset renewable energy yang masih sangat jarang dan melakukan pengembangan konten ICT, terutama dalam bidang mobile application. Disamping itu juga bekerjasama dalam hal penyusunan program kerja, proposal riset, pelatihan, seminar, konferensi, penyediaan tenaga ahli, dukungan kegiatan berupa sponsorship, dan sebagainya.

Ivan C Permana selaku Head of Technology & System Group mengatakan, “Dengan sinergi antara Telkomsel sebagai leader perusahaaan telekomunikasi seluler di Indonesia dengan Universitas Indonesia  yang merupakan perguruan tinggi terkemuka di Tanah Air, diharapkan mampu membuat kajian analisis dan konsep, serta sanggup menghasilkan prototype produk lokal kreasi bangsa sendiri yang bermanfaat, serta membantu menyelesaikan permasalahan energi di Telkomsel & Nasional, sehingga memajukan kedua institusi ke tingkat yang lebih tinggi, seperti seminar International kajian analisis Energi Saving dan seminar International Mobile Content Application Solution.”

Telkomsel, operator telekomunikasi seluler terkemuka dan terdepan di Indonesia, yang memiliki pasar layanan broadband serta infrastruktur jaringan terbesar dan berkualitas. Untuk melayani lebih dari 125 juta pelanggan, Telkomsel telah membangun lebih dari 45 Data Center Telco Equipment dan 3 Data Center IT, serta 54.000 BTS (Base Transceiver Station), termasuk diantaranya 15.000 Node B (BTS 3G) yang telah tersebar hingga ke pelosok Tanah Air, dan diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan seiring berkembangnya teknologi GSM Dunia serta semakin meluasnya penggunaan smartphone, social networking, dan cloud computing.

Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel menggelar 54.000 BTS yang menjangkau seluruh wilayah populasi di Indonesia, termasuk daerah terpencil, pulau terluar, dan wilayah perbatasan. Sebagai operator selular nomor 7 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan, Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 125 juta pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel telah mengembangkan jaringan broadband di 200 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Adita Irawati – Head of Corporate Communications Group Telkomsel
kartuHalo / email: 08119991408/adita_irawati@telkomsel.co.id


0 comments:

Post a Comment