Jakarta, 31 Desember 2012
Jelang Tahun Baru 2013,
Telkomsel fokus pada kesiapan layanan dan jaringan untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat berkomunikasi
melalui lalu lintas data, suara, maupun SMS. Setelah berhasil
melayani lonjakan trafik pada Hari Raya Natal kemarin dengan tingkat kesuksesan
rata-rata di atas 98%, Telkomsel tetap terus melakukan siaga jaringan agar
tetap konsisten melayani kebutuhan trafik komunikas pada Tahun Baru 2013.
Persiapan teknis
jaringan serta pelayanan pelanggan dilakukan Telkomsel secara menyeluruh dan
kontinyu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik komunikasi saat Natal
dan Tahun Baru 2013. Mulai dari pembangunan BTS yang saat ini telah
mencapai 54 ribu atau meningkat hampir 50% dibanding tahun 2011, sampai pada
peresmian 200 kota broadband pada tahun ini.
Direktur Utama
Telkomsel, Alex J. Sinaga mengungkapkan, ”Telkomsel menambah kapasitas jaringan
dari sisi network element, agar mampu melayani kebutuhan komunikasi subscriber
yang meningkat lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Kami memahami bahwa
Tahun Baru adalah perayaan bagi seluruh masyarakat, sehingga trafik komunikasi
baik data, voice dan SMS diperkirakan akan meningkat tajam. Kami siap
melayani kebutuhan dan mengupayakan kenyamanan yang maksimal bagi seluruh
pelanggan.”
Dalam rangka memastikan
kehandalan layanan, Alex J. Sinaga beserta jajaran Direksi Telkomsel lainnya
melakukan kunjungan langsung ke lapangan. Alex J Sinaga beserta manajemen Area
Sumatera melakukan pemantauan jaringan dari Pematang Siantar. Sedangkan Abdus
Somad Arief-Direktur Network, Mas’ud Khamid-Direktur Sales, Alistair
Johnston-Direktur Marketing dan Ng Soo Kee-Direktur Information Technology melakukan kunjungan ke GraPARI Jakarta
Selatan di Wisma Mulia. Rombongan juga melakukan pemantauan langsung ke BTS
bergerak atau Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) yang ditempatkan
di Wisma Nusantara-Bundaran HI dilanjutkan meninjau kesiapan di Telkomsel Telecommunication Center (TTC)
di Buaran. Pada saat yang sama, Herdy R. Harman-Direktur Human Capital
Management dan Heri Supriadi-Direktur Keuangan melakukan monitoring jaringan dari Kantor Regional Bandung. Dalam kunjungan
ini, seluruh Direksi melakukan check dan tanya jawab langsung
dengan karyawan Telkomsel di lapangan atas persiapan yang telah dilakukan. Pada
akhir kunjungan, Direksi dan Manajemen
melakukan video conference interaktif
dengan seluruh kantor Area Telkomsel.
Khusus antisipasi trafik
pada Tahun Baru ini, Telkomsel menambah kapasitas SMSC dari 83.750/detik
menjadi 104.400/detik, Internet Service
dari 15 Gbps menjadi 20 Gbps dan Blackberry
Service dari 2,8 Gbps menjadi 10 Gbps. Untuk memenuhi lonjakan pemakaian
layanan data, Telkomsel juga telah meningkatkan jumlah BTS node B (3G) menjadi
15.000 BTS. Telkomsel juga melakukan uji jaringan di beberapa area yang diprediksi menjadi pusat
keramaian, seperti tempat wisata dan pusat aktivitas masyarakat lainnya. Uji
jaringan yang dilakukan kali ini lebih fokus ke penggunaan layanan data, baik
itu dengan menggunakan laptop maupun smartphone. Hal ini
dimaksudkan untuk memastikan kenyamanan penggunaan jaringan Telkomsel saat
melakukan komunikasi data yang telah menjadi kebutuhan pelanggan selular saat
ini.
Guna menambah kapasitas handling trafik komunikasi saat
Tahun Baru, Telkomsel juga menyiagakan 18 unit
COMBAT di berbagai titik strategis. COMBAT memiliki fungsi untuk
memperluas coverage dan kapasitas trafik komunikasi. Dengan
BTS model ini, Telkomsel bisa lebih fleksibel dalam mewujudkanhigh
performance network. Jaringan yang bermutu tidak hanya memberikan
ketersediaan sinyal yang kuat dan luas, tetapi juga harus memiliki kapasitas
memadai. COMBAT Telkomsel juga dilengkapi dengan WiFi connection sehingga
memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan data.
Agar pelanggan Telkomsel dapat selalu terhubung dengan layanan internet di
sejumlah lokasi keramaian publik, Telkomsel juga telah menghadirkan hotspot
Flash Zone. Hotspot Flash Zone dapat ditemui di sejumlah pusat keramaian antara
lain GraPARI Telkomsel, bandara internasional, hotel, mall,
kawasan bisnis, gedung perkantoran, dan lokasi publik lainnya. Hanya dengan
menghubungi *363*601# (GRATIS untuk 1 jam per hari) lewat
ponsel, pelanggan akan memperoleh password melalui SMS yang
dapat digunakan untuk internetan sepuasnya. Untuk penggunaan di atas 1 jam akan
mendapatkan opsi penawaran paket Flash Zone dengan tarif terjangkau mulai dari
Rp 2.000 hingga Rp 50.000. Saat ini Telkomsel telah memiliki 323 hotspot yang
tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Kenyamanan dan kepuasan pelanggan merupakan
prioritas bagi Telkomsel agar dapat terus memberikan layanan yang handal dan terpercaya.
Sebagai bagian dari layanan berkualitas, Telkomsel menyediakan Call Center
gratis selama 24 jam. Untuk memperoleh informasi dan layanan, pelanggan kartuHalo dapat menghubungi Call Center
gratis di 133 sedangkan untuk pelanggan simPATI
dan kartu As dapat menghubungi Call
Center gratis di 155 atau Call Center 188 dengan biaya Rp 300 per panggilan.
Pelanggan juga dapat mengunjungi website T-Care kami di https://my.telkomsel.com atau mengirimkan e-mail ke cs@telkomsel.co.id. Beragam informasi
produk, fitur, serta layanan self care dari Telkomsel dapat diakses tanpa biaya
melalui browser interaktif *111# untuk kartuHalo
dan *116# untuk pelanggan simPATI dan
kartu As.
Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel menggelar 55.000 BTS yang
menjangkau sekitar 97% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular
nomor 7 terbesar di dunia.
Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang
kini dipercaya melayani lebih dari 125 juta pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan
industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara
konsisten mengimplementasikan roadmap
teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE).
Kini Telkomsel telah mengembangkan jaringan broadband
di 200 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan,
Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan
yang tersebar di seluruh Indonesia.
0 comments:
Post a Comment