Telkomsel Distribusikan Perangkat Penanggulangan Gangguan Jaringan ke Daerah Rawan Bencana Alam


Solo, 11 Januari 2013

Sebagai operator yang selalu mengedepankan pelayanan telekomunikasi mobile, Telkomsel berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat dalam segala macam kondisi. Telkomsel selalu siaga terhadap kejadian yang tidak terduga seperti bencana alam sehingga layanan komunikasi untuk masyarakat tidak terganggu.

Wilayah Indonesia termasuk banyak memiliki daerah yang rawan terhadap bencana alam di dunia. Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia memasuki musim penghujan bahkan di beberapa daerah telah terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Sebagai  bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat dalam bentuk ketersediaan layanan dan jaringan komunikasi di daerah rawan bencana, Telkomsel melakukan antisipasi untuk menjaga kualitas jaringan dalam situasi bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Secara simultan, Telkomsel hari ini mendistribusikan perangkat penanggulangan gangguan jaringan komunikasi dalam situasi darurat bencana di kantor Telkomsel Telecommunication Center (TTC) di daerah-daerah rawan bencana di Indonesia, seperti di daerah yang paling rawan gempa dan tsunami, misalnya di pantai barat Sumatra. Daerah rawan banjir dan longsor ada di Jakarta dan seluruh bagian Jawa, Sumatra Utara, dan Riau. Adapun perangkat pendukung penanggulangan gangguan jaringan komunikasi dalam situasi darurat bencana tersebut berupa perangkat river boat, perangkat perahu kano karet, tenda posko, veldbed, life vest, sepatu boot tahan air, sandal air, dry bag, jaket tebal, rain coat, peralatan dapur lengkap dan peralatan-peralatan emergency lainnya.
Penyerahan seperangkat peralatan tersebut secara simbolis dilakukan oleh Director Network Telkomsel, Abdus Somad Arief, di kantor TTC Solo, Jawa Tengah.

Abdus Somad Arief menyatakan, “Pendistribusian peralatan pendukung recovery gangguan komunikasi yang disebabkan bencana alam merupakan salah satu bentuk kesiagaan Telkomsel dalam pemulihan jaringan apabila bencana alam terjadi di suatu daerah. Dibutuhkan beberapa teknik khusus agar dapat melakukan evakuasi dengan cepat dan tepat sehingga masyarakat tetap nyaman dan lancar dalam berkomunikasi.”

Upaya ini menurut Abdus Somad Arief merupakan bagian dari program “TERRA” atau Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity. TERRA merupakan program pengabdian terhadap masyarakat dibidang layanan telekomunikasi dalam penanggulangan bencana alam yang dilakukan secara sigap oleh tim khusus Telkomsel. Didalam TERRA terdapat juga Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan untuk membantu masyarakat di daerah rawan bencana alam," tambah Abdus.

Selama ini Telkomsel dengan TERRA telah menunjukkan peran aktifnya dalam membantu recovery bencana alam seperti di Padang, Wasior, Mentawai dan Merapi. Sebagai perusahaan telekomunikasi dengan jangkauan terluas dan dengan pelanggan terbanyak, Telkomsel fokus pada recovery cepat dalam perbaikan jaringan telekomunikasi serta penyediaan layanan telepon gratis bagi para pengungsi korban bencana alam.
                           
“Telkomsel berkomitmen untuk turut membantu dan membangun bangsa Indonesia. Dengan program CSR yang berkesinambungan, kami berharap dapat membantu pemerintah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan masyarakat Indonesia, karena Telkomsel Paling Indonesia,” kata Abdus Somad Arief.


Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel menggelar 55.000 BTS yang menjangkau sekitar 97% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular nomor 7 terbesar di dunia. Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 125 juta pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel telah mengembangkan jaringan broadband di 200 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.


Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Winni Vitriani – Head of Corporate Communications Area Jabotabek Jabar
kartuHALO/email : 0811100370 / winni_vitriani@telkomsel.co.id

0 comments:

Post a Comment