Bandung, 12 Desember 2012
Menutup tahun 2012,
Telkomsel Area II Jabotabek Jabar Sharing Session Telkomsel Broadband & Digital Lifestyle.
Dalam kesempatan tersebut dipaparkan layanan-layanan broadband dan fokus
perkembangan pada bisnis digital.
Head of Area Jabotabek Jabar Group Venusiana Papasi
mengatakan, “Sepanjang tahun 2012, Telkomsel Area Jabotabek Jabar terus
meningkatkan layanan data dan Value Added Service (VAS) berbasis broadband
dalam kompetisi di industri telekomunikasi yang semakin ketat, sehingga
berhasil tumbuh double digit.”
Pertumbuhan ini juga didorong oleh pembangunan BTS yang
agresif di sepanjang tahun 2012, baik BTS 2G maupun 3G. Tahun ini Telkomsel Area
Jabotabek Jabar telah membangun 2.550 unit BTS, berupa 950 BTS 2G dan 1.600 BTS
3G. Dengan penambahan tersebut, kini Telkomsel di Area Jabotabek Jabat telah
memiliki jaringan komunikasi broadband terluas dan rapat yang didukung oleh
sekitar 14.000 BTS, termasuk lebih dari 5.000 BTS 3G.
“Jaringan broadband akan meningkatkan akses
telekomunikasi berbasis data dengan kecepatan tinggi, di ibukota ini kami telah
menghadirkan BTS terbanyak dan tersebar rapat. Sehingga kami siap
menghadirkan layanan yang mampu memberikan kenyamanan bagi pelanggan, terutama pelanggan ibukota yang terkenal
sebagai pelanggan gadget freak dan technology minded,” papar Venus.
Venus menambahkan selain pembangunan infrastruktur BTS,
tercatat beberapa program penjualan telah menjadi kunci keberhasilan di 2012,
”Broadband goes to Residential, Broadband goes to Rural, Untukmu Guruku, Haisobat.com,
Flash & BB Competition, Kampung Paling Indonesia, hingga Pesta Isi Ulang sebagai program
retensi, telah terbukti di respon positif oleh pasar.”
2013 Bisnis Digital
Industri seluler Indonesia terus bergerak memasuki tahap
maturasi dengan penetrasi teledensitas mencapai 120%. Sebelumnya
layanan suara dan pengiriman pesan singkat (SMS) ke arah layanan data (mobile
broadband). “Kami harus
mengambil peluang dari perubahan itu dengan fokus bergerak di bisnis digital, kami
akan terus mencari pelanggan baru melalui beberapa layanan yang disiapkan antara lain
"mobile advertising", "digital solutions", layanan
"people to machine", atau "machine to machine".
"Pelanggan nantinya tidak terbatas hanya jumlah
penduduk, tetapi juga mesin-mesin peralatannya, seperti mobil, sepeda motor
atau elektronik. Dengan kata lain pelanggan non-human, bagaimana mesin-mesin
itu bisa dikendalikan melalui perangkat seluler," jelas Venus.
Trend digital ini diperkuat oleh paparan Head of Regional
Account Management Jabotabek Department Katrini Nathisarasia tentang beberapa
indikator kesiapan mengakusisi pelanggan-pelanggan non-human “Segmen korporasi
telah banyak memanfaatkan layanan ini lewat Corporate Business Solution,
seperti: Fleet Management, Electronic Data Capture (EDC), Sales Force
Automation, Telemetry, Mobile Tracking, dan Mobile Virtual Private Network
(mVPN).”
“Pertumbuhan pelanggan non-human terus meningkat selama 4
tahun terakhir, di 2012 pelanggan non-human saja sudah mencapai hampir separuh
total pelanggan,dan layanan-layanan digital mengambil porsi 47 persen dari
total layanan korporasi,” ungkap Katrin.
Ketertarikan tersebut didukung oleh ketergantungan
perusahaan pada mesin – mesin, ”Tahun ini saja kami berhasil membukukan kontrak
15.000 MSISDN layanan GPRS Bulk untuk Fleet Management Blue Bird dan Express
Transindo, sekitar 4.500 nomer untuk EDC Primavista, Triton, dan BPRKS, serta
keberhasilan melayani seluruh pelangga PLN Jabar untuk layanan Telemetry,”
rincinya.
“Dengan semangat ini kami optimis memasuki tahun 2013 dan
siap untuk menggarap digital
life ini. Kami berharap dapat membantu memajukan masyarakat
Indonesia melalui pengembangan informasi, komunikasi, dan teknologi (ICT).
Tahun depan kami, di
Area Jabotabek Jabar kami berharap dapat menambah lebih dari 3.000 BTS, di mana 80 persen di
antaranya adalah BTS 3G,” pungkas Venus.
Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel menggelar 55.000 BTS yang
menjangkau sekitar 97% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular
nomor 7 terbesar di dunia.
Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang
kini dipercaya melayani lebih dari 125 juta pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan
industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara
konsisten mengimplementasikan roadmap
teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE).
Kini Telkomsel telah mengembangkan jaringan broadband
di 200 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan,
Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan
yang tersebar di seluruh Indonesia.
0 comments:
Post a Comment