Penutupan Posko Banjir: Telkomsel Layani 4.000 Korban Banjir |
Menyusul situasi ibukota yang kian pulih dari bencana
banjir serta kondisi air di beberapa tempat yang telah surut, kemarin (23/1)
Telkomsel menutup Posko Kesehatan Peduli Banjir Kp Melayu dan Warakas yang
telah beroperasi lima hari, (19 -23 Januari 2014). Selama periode tersebut
Posko ini telah melayani sekitar 4.000 warga korban banjir lewat penyediaan
pengobatan dan pemeriksaan medis gratis, ambulans, telepon dan charger ponsel
gratis, serta water purifier.
Executive
Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi mengatakan, "Pada
hari pertama terjadinya banjir besar tanggal 18 Januari, tim Telkomsel
Area II bergerak cepat dengan membuka Posko untuk penanganan jaringan dan Posko
penanggulangan bencana, dalam waktu beberapa jam Posko Peduli Banjir telah
berdiri dan keesokan harinya bisa beroperasi penuh,”
“Kami membuka dua Posko Kesehatan sekaligus yakni di
Kampung Melayu Jakarta Timur dan Warakas – Tanjung Priok Jakarta Utara, selain
itu Telkomsel juga berpartisipasi di Posko Bersama KODAM di Karawang dan Posko
bersama DINKES di Pamanukan,” lanjut Venus
GM Account Management Jabotabek Jabar Ceppy Djakaria
yang di tunjuk sebagai Commander in Chief Posko Bencana Banjir menambahkan,
“Setiap harinya rata-rata 400 - 500 orang mengunjungi dua posko ini, kami
menyiapkan dokter jaga yang melayani 24 jam, demikian juga hal-nya sukarelawan
yang terdiri dari manajemen Area disiagakan penuh terbagi dalam 4 shift.
Rata-rata penyakit yang dialami oleh korban banjir adalah kutu air, demam,
masuk angin dan batuk.”
“Telepon GRATIS hadir dengan menggunakan GSM
Home dan PSTN dari TELKOM yang tersebar di 4 titik utama yaitu Kampung Melayu,
Warakas, Karawang dan Pamanukan. Di beberapa titik kami juga menyalurkan
bantuan langsung berupa makanan dan minuman siap santap, makanan kering,
selimut, makanan bayi, diapers dan lain-lain yang langsung diserahkan kepada
Petugas Posko Banjir dilokasi masing-masing,” papar Ceppy
Tidak lupa Layanan Mobile GraPARI juga disediakan di
lokasi untuk melayani pelanggan yang membutuhkan Top Up/Recharge dan juga Kartu
Perdana.
”Terima kasih kepada rekan-rekan yang telah
berpartisipasi dalam Posko ini dengan semangat Solid Speed Smart, yang membuat
Posko kita ini bahkan mendapat liputan dari banyak media elektronik dan cetak,”
ungkap Ceppy
Jaringan dan Pelayanan Normal
Sementara
itu jaringan Telkomsel tidak mengalami gangguan berarti dan pelanggan tetap
dapat melakukan komunikasi melalui telpon, SMS maupun data seperti biasa. Dalam
musibah banjir ini tidak satupun site Telkomsel yang terendam banjir namun
sebagian terkena dampak pemadaman listrik oleh PLN. Untuk
mengatasinya Telkomsel mengerahkan 124 unit genset portable dan mobile
untuk menyuplai BTS - BTS yang putus aliran listriknya. Selain itu Telkomsel
telah menambah kapasitas baterai backup di semua lokasi rawan banjir. Di
samping itu Telkomsel juga menggunakan perahu karet untuk menjangkau lokasi BTS
sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan evakuasi dan makanan siap
santap.
Di titik-titik penting yang merupakan sentra
infrastruktur telekomunikasi, Telkomsel menyiapkan 6 posko siaga banjir, yakni
di Gedung TTC Buaran, Gedung TTC BSD, Gedung TTC TB Simatupang, Gedung Atrium
Mulia, Serang dan Karawang. Di tiap posko akan disiapkan pendukung alat
produksi seperti mobile genset, dan juga unit siaga bencana TERRA (Telkomsel
Emergency Response & Recovery Activity).
Adapun pelayanan pelanggan Telkomsel juga berlangsung
seperti biasa. Saat ini layanan Area Jabotabek Jabar didukung oleh 18
GraPARI dan 60 GraPARI Mitra, yang tersebar di Metro Jakarta 6 GraPARI dan 15
GraPARI Mitra, Outer Jakarta 7 GraPARI dan 16 GraPARI Mitra, serta Jawa Barat 5
GraPARI dan 29 GraPARI Mitra. Keseluruhan setra pelayanan tersebut melayani
pelanggan sesuai dengan jam operasional seperti biasa.
“Atas nama Manajemen Telkomsel saya mengucapkan terima
kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang di
tengah-tengah musibah tetap dapat bekerjasama dan saling mendukung dalam
mengupayakan layanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat. Hal ini menjadi
kebanggaan tersendiri buat kita sebagai operator selular paling Indonesia yang
berkarya tiada henti untuk negeri,” tutup Venus.
0 comments:
Post a Comment